Selasa, 19 April 2011

Memotivasi Diri Sendiri

Mungkin udah banyak yang posting judul kayak gini, tapi gapapa lah ini versi gue. Terserah kalo yang laen nganggep ini repost, dopost, dll. Yang penting gw nulis ini cuma pengen mengungkapkan apa yang gw inginkan.

Oke langsung aja.

Kalo mendengar kata "motivasi" pasti makna yang terkandung di dalamnya juga banyak. Tapi kalo menurut gw motivasi itu perasaan untuk meningkatkan kinerja diri sendiri karena suatu faktor. contoh faktornya banyak, kayak kalo mau dapet nilai bagus buat UTS, UAS (buat gw yg kuliah) pasti gw langsung belajar, walau cuma buat satu ato dua malem, apalagi kalo ada tugas yang harus dikumpulin "besok" gw akan langsung bergerilya (buat cari contekan), hahaha.

Manusia memang perlu motivasi diri. Tapi terkadang dari motivasi ini bisa juga memunculkan celaka, kesengsaraan bagi diri sendiri. Contohnya jika seseorang ingin kaya raya maka tak jarang cara yang dilakukannya juga salah, kayak ngepet, pesugihan, dll. Padahal cara yang bener ya jelas dengan berusaha. Jadi motivasi ini sifatnya kayak hawa nafsu, pure kayak bayi yg baru lahir, ga tau apa-apa. Tergantung nanti "kita" nya mau ngebawa motivasi ini kemana.

Kalo menurut gw (terserah sama yg laen) motivasi diri sendiri yg paling baik adalah karena gw pengen ngebahagiain Orang Tua, terutama Ibu. karena gw berpikir percuma aja gw (posisi gw sebagai anak) hidup tapi nyusahin ortu, maka itu gw selalu pengen bisa ngebahagiain mereka (paling nggak berusaha semaksimal mungkin untuk ga ngeluarin kata "ah" dari mulut gw). Selain itu mereka juga udah capek-capek ngerawat,  ngejaga, ngedidik gw dari kecil sampe segede ini. Buat apa coba kalo gak buat kebaikan gw. Walau dulu gw sering ngebentak mereka, tapi mudah-mudahan nantinya gw bisa (dan harus bisa) bahagiain ortu gw. Nah itulah sekilas motivasi gw, gimana dengan yang lain.

Jadi usahakanlah motivasi agan berupa hal-hal baik, jangan didasarkan oleh hawa nafsu, pakailah otak serta hati untuk membantu menentukan motivasi apa yg pengen agan punya. Kalo bisa mintalah petunjuk sama Allah SWT agar nantinya motivasi itu menjadi sesuatu yg bisa membuat hidup agan lebih nyaman karena agan udah punya motivasi.
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar